Selasa, 21 Oktober 2014

Berbagi Pengetahuan Tentang Oracle Corporation dan Oracle XE



Oracle Corporation yang berdiri pada tahun 1977 sebelumnya mengembangkan database oracle sebagai perangkat lunak yang dipakai oleh pihak militer UD. Namun seiring perkembangannya database oracle juga dipergunakan dan dijual ke pihak sipil atau bisnis. Dengan demikian citra militer atau bisnis. Dalam oracle sendiri tidak hanya digunakan sebagai database tetapi juga sebagai perangkat lunak dan perangkat keras. Oracle Corporation menggunakan pemrograman C bahasa dalam proses penggunaanya. Karena dalam pemrograman C bahasa dapat mereda port untuk sistem operasi yang berbeda.
Oracle Corporation merupakan perusahaan teknologi komputer multinasional yang terletak di Redwood City, California, Amerika Serikat.  Di mana perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar kedua dalam pembuatan perangkat lunak setelah microsoft berdasarkan pendapatannya. Perusahaan ini juga membangun alat untuk pengembangan database dan sistem perangkat lunak tingkat menengah, manajemen hubungan pelanggan (CRM), perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan rantai pasokan (SCM) perangkat lunak.
Oracle Corporation adalah salah satu perusahaan pembuat perangkat lunak yang terkenal khususnya pada database perangkat lunak. Di mana erusahaan ini telah banyak mengeluarkan banyak versi perangkat lunak mulai dari oracle 6.0, 8i, 9i sampai 10g. Di mana produk tersebut biasa digunakan pada skala Enterprise (perusahaan), yang tentu saja harganya tidak murah. Dengan itu oracle memberikan solusi dengan Oracle XE yang merupakan oracle versi freeware yang ditunjukan bagi pemula dan pengguna individu yang ingin mempelajari oracle tanpa harus mengeluarkan biaya besar atau pembajakan perangkat lunak. Oracle XE ini mempunyai banyak kesamaan dengan versi 10g.
Database oracle memiliki beberapa tahapan dalam peluncurannya, diantaranya:
-          Edisi standard one atau edisi pertama yang berbayar dengan batasan maksimal 4 prosesor
-          Edisi standard berbayar dengan batasan maksimal 4 prosesor
-          Edisi enterprise di mana di edisi berbayar tanpa batasan prosesor
-          Edisi express gratis dengan batasan data maksimal 4gb (4.294.967.296 byte)
-          Edisi Versi 11.2.0.6 database oracle tersedia hampir semua platform di windows, linux dan unix.
Oracle Database 10g Express Edition (Oracle XE) adalah versi gratis dari database relasional. Oracle XE mudah untuk menginstal, mudah untuk mengelola, dan mudah untuk mengembangkan dengan.
Dalam penggunaan oracle XE digunakan untuk, diantaranya:
o   Mengelola database
o   Membuat tabel dan objek database lain
o   Impor, ekspor, dan data lihat tabel
o   Query dijalankan dan skrip SQL
o   menghasilkan laporan

Dari oracle  versi oracle XE, database ini penting untuk Enterprise Edition dari 10.2.0.1 dan melalui 11.2.0.2. (Yang memberitahu banyak tentang besarnya perubahan: 4 proses rilis 10g dan 4 dari 11g) yang relatif. Perbaikan sederhana seperti operator PIVOT, penciptaan segmen tangguhan, dan virtual kolom ke terobosan adaptif berbagi kursor, koneksi database penduduk penyatuan, dan fitur redefinisi-edisi berbasis, oracle XE ini menetapkan standar untuk mengekspresikan RDBMSs.
Seiring dengan perkembangan kebutuhan untuk penyimpanan, Oracle Database 11g XE sekarang yang menawarkan 11GB penuh untuk data pengguna saja, yang hampir  3 kali lipat meningkat sejak batas 4GB sebelumnya di Oracle Database 10g XE. Pembatasan hardware lainnya selalu sama dengan penggunaan CPU maksimal 1 inti fisik dan memori pada 1GB. Oracle Database 11g XE akan tersedia untuk Windows dan Linux platform.
Oracle XE menyediakan mekanisme terorganisir untuk menyimpan, mengelola, dan mengambil informasi. Tabel struktur penyimpanan dasar untuk memegang data bisnis. Di sini tentang bagaimana mengolah data untuk membuat tabel dan di proses. Dalam mengubah data yang dimasukkan dalam tabel dapat juga menjaga integritas dengan data atau dengan data yang ingin menghapus tabel yang tidak lagi berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar