PERTEMUAN KE – IV
Tab Additional
Nama : Avila Marlini
NIM : J1F111245
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
PROGRAM STUDI
S-1 ILMU KOMPUTER
BANJARBARU
2014
I.
Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum yang berjudul ”Tab Additional” ini adalah agar
praktikan dapat mengetahui komponen-komponen yang ada pada Tab Additional yang
telah siap untuk digunakan dengan komponen-komponen yang lebih variatif
sehingga dapat langsung memilih komponen yang di perlukan dalam membuat suatu
program.
II.
Deskripsi Program
Program berikut adalah program yang menggunakan komponen yang ada pada
tab additional yaitu Bitbtn, Checklistbox, dan Speedbutton. Langkah awal yaitu
menginputkan data berupa nama dengan tipe string, jika inputan bukan bertipe
string maka muncul kotak pesan yang memberitahu “Invalid Key”. Kemudian klik
input untuk mengisi checklistbox, tombol reset berfungsi untuk mengosongkan isi
edit1 dan checklistbox dan tombol cek untuk menghitung berapa jumlah input yang
telah dilakukan di checklistbox.
III. Interface
Program
IV. Coding Program
a.
Program Hasil perulangan
Nama Komponen
|
Event
|
Perintah
|
Edit1
|
OnKeyPress
|
procedure TForm1.Edit1KeyPress(Sender:
TObject;
var Key: Char);
begin
if not (key in ['a'..'z','A'..'Z',#8,#32])
then
begin
showmessage('Invalid Key:'+key);
key:=#0
;
end;
end;
|
Bitbtn1
|
OnClik
|
procedure TForm1.BitBtn1Click(Sender:
TObject);
begin
checklistbox1.Items.Add(edit1.Text);
end;
|
Bitbtn2
|
OnClik
|
procedure TForm1.BitBtn2Click(Sender:
TObject);
begin
edit1.clear;
checklistbox1.Clear;
end;
|
SpeedButton1
|
OnClik
|
procedure TForm1.SpeedButton1Click(Sender:
TObject);
var
n:integer;
begin
if edit1.Text= ' ' then
showmessage('Jumlah Item pada Checklistbox
ada
0')
else
begin
n:=checklistbox1.items.count;
showmessage('Jumlah Item pada Checklistbox
ada' +
inttostr(n));
end;
end;
|
PERTEMUAN KE – V
Tab Additional 2
Nama : Avila Marlini
NIM : J1F111245
FAKULTAS MATEMATIKA
DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
PROGRAM STUDI
S-1 ILMU KOMPUTER
BANJARBARU
2014
I.
Tujuan Praktikum
Praktikum yang berjudul ”Tab Additional 2” ini adalah lanjutan dari Tab
Additional yang bertujuan agar praktikan dapat menggunakan komponen shape, di
mana komponen ini dapat mempermudah dalam membuat bentuk grafik seperti kotak,
lingkaran, elipse dan bentuk-bentuk lainnya.
II.
Deskripsi Program
Program di bawah ini merupakan program yang memakai komponen-komponen
pada tab additional, yaitu program animasi text berjalan. Pada form tedapat
tulisan nama dan nim sedangkan pada
label1 adalah contoh program animasi dan
pada edit1 animasi dengan Delphi.
Teks yang ada pada form akan berjalan jika button1 (mulai) di klik dan jika
ingin berhenti klik button2 (stop).
III.
Interface
Program
Nama Komponen
|
Event
|
Perintah
|
Bitbtn1
|
OnClik
|
procedure TForm1.BitBtn1Click(Sender:
TObject);
begin
Timer1.Enabled:=true;
end;
|
Bitbtn2
|
OnClik
|
procedure TForm1.BitBtn2Click(Sender:
TObject);
begin
Timer1.Enabled:=false;
end;
|
Form1
|
OnCreate
|
procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
a:=0;
end;
|
Timer1
|
OnTime
|
procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
a:=a+1;
if a=1
then
begin
Form1.Text:='N';
statictext1.Caption:='C';
maskedit1.Text:='A';
end;
if a=2
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'o';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'o';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'n';
end;
if a=3
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'o';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'n';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'i';
end;
if a=4
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'r ';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'t';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'m';
end;
if a=5
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'A';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'o';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'a';
end;
if a=6
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'z';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'h ';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'s';
end;
if a=7
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'i';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'p';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'i ';
end;
if a=8
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'z';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'r';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'D';
end;
if a=9
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'a';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'o';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'e';
end;
if a=10
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'h';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'g';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'n';
end;
if a=11
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'h';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'r';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'g';
end;
if a=12
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'_';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'r';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'a';
end;
if a=13
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'J';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'a';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'n ';
end;
if a=14
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'1';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'m ';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'D';
end;
if a=15
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'F';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'A';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'e';
end;
if a=16
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'1';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'n';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'l';
end;
if a=17
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'1';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'i';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'p';
end;
if a=18
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'1';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'m';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'h';
end;
if a=19
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'0';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'a';
MaskEdit1.Text:=MaskEdit1.Text+'i';
end;
if a=20
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'0';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'s';
end;
if a=21
then
begin
form1.Text:=form1.Text+'6';
statictext1.Caption:=StaticText1.Caption+'i';
end;
end;
|
yang mau di tengok penjelasan nya tntang tab additionalnya, bukan tujuan sama tugas tugasnya...,
BalasHapus